DEMAK – Dalang Ki Ikhsan dan Ki Heri Sakrun turut andil dalam memeriahkan Pagelaran Wayang Kulit yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Demak di Halaman Kabupaten Demak, Jum’at (31/8) . Pagelaran tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam acara Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan merupakan wujud syukur dan kecintaan pada budaya bangsa.
Sebelum pagelaran dimulai diadakan acara syukuran yang diikuti oleh Dinas dan Instansi serta Kecamatan se-Kabupaten Demak dengan membawa tumpeng dan do’a bersama. Hal ini dilakukan agar semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara semua elemen.
Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M. Kes mengatakan, acara wayangan memiliki misi pembinaan nilai-nilai luhur budaya bangsa melalui seni pewayangan. Terlebih jika menengok kultur masyarakat di Kabupaten Demak yang masih cukup tinggi menghargai nilai-nilai budaya leluhur. Sejarah pun menyebutkan bahwa Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa juga tidak lepas dari budaya seni wayang. Seni budaya wayang dan seni-seni bernafaskan budaya jawa telah dijadikan sebagai media dakwah oleh Sunan Kalijogo dalam menyebarkan agama Islam.
Pagelaran Wayang Kulit ini mengambil lakon ”Pandawa Syukur”. Singgih berharap semua dapat mengambil hikmah dari lakon yang ditampilkan pada pagelaran wayang kulit tersebut karena Pandawa memberikan tauladan akan arti pentinya bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. (R15)