Wedung- Acara sedekah bumi dan laut Desa Babalan Wedung, tahun ini terasa sangat istimewa. Untuk pertama kalinya hajatan ini ditandai dengan melarung kepala kerbau ke tengah laut pada Selasa (307). Sedekah bumi dan laut rutin diadakan setiap bulan apit.

Rangkaian acara di Babalan ini dimulai dari haul massal yang diikuti oleh seluruh masyarakat,  selamatan desa, dilanjutkan dengan sedekah laut berupa larungan kepala kerbau ke tengah laut. Antusias warga terhadap larungan ini sangat tinggi. Hal ini tampak dari banyaknya warga yang mengikuti sampai ke tengah laut dengan menggunakan perahu. Acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit sehari semalam, pengajian umum dan ditutup dengan karnaval budaya.

Sekdes Babalan Rofiq Ahmad, menyampaikan “acara sedekah bumi ini bisa mempersatukan masyarakat desa Babalan menjadi guyub rukun, dan juga nguri-nguri kabudayan serta mendoakan dan mengenang jasa-jasa para leluhur”. Beraneka ragam cara desa dalam melakukan sedekah bumi dan laut di Wedung, apabila dikemas secara menarik, bukan tidak mungkin dapat menjadi daya tarik pelancong  untuk datang dan berkunjung di Wedung. Banyak potensi yang dapat digali sehingga menjadikan Wedung semakin BERKAH. (Ato)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *