Demak – Bertempat di Gedung Bina Praja, sosialisasi geospasial dan pemanfaatan sertifikat elektronik dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto pada Rabu (24/7 2019). Acara ini diikuti oleh seluruh kepala OPD dan admin pengelola informasi daerah dan dimotori oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak.
Pada sambutannya wakil bupati menyampaikan bahwa perkembangan Demak untuk menjadi smart city sudah sejalan dengan RPJMD dan 16 program unggulan bupati. Anggaran juga sudah dipersiapkan untuk menuju kesana. Infrastruktur 97 % jalan di Kabupaten Demak sangat bagus dengan konstruksi beton bertulang, jadi Kabupaten Demak sudah siap segala untuk dapat berkembang setara dengan Kabupaten lainnya. Selanjutnya dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Badan Informasi Giospasial dan Pemerintah Kabupaten Demak.
Narasumber dalam sosialisasi ini yaitu Dr.Ing Moh Khafid dari Badan Informasi Giospasial (BIG) Jakarta. Jaringan informasi Giospasial adalah system penyelenggaraan pengelolaan informasi giospasial secara besama, tertib, terukur, terintegrasi, dan berkesinambungan serta berdaya guna. Jaringan ini diselenggarakan melalui sarana jaringan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Moh Khafid yang ternyata adalah putra daerah asli Demak, sehingga siap untuk emmbantu Kabupaten Demak dalam pengembangan satu data.
Narasumber berikutnya yaitu dari Badan Siber Sandi Negara, yang menyampaikan materi tentang pentingnya tanda tangan digital. Banyak faktor yang melatarbelakangi digital signature diantaranya era paperless yaitu pembatasan penggunaan kertas dalam kegiatn perkantoran yang selaras dengan kampanye penyelamatan bumi. Hal lain yang menjadi penting tanda tangan digital yaitu factor keamanan dari pemalsuan. Tanda tangan digital juga sudah sah sesuai dengan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik. Sosialisasi ini sebagai langkah untuk menuju demak smar city. (ato)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *