Dimulai dengan apel pagi bersama, Senin (22/7 2019) rakor sekretaris desa sekecamatan Wedung dilaksanakan. Bertempat di ruang pertemuan Kecamatan Wedung, rakor dipimpin oleh Kasi Tata Pemeintahan Samawi, S.IP, MH dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Triyono, SE.
Beberapa hal yang menjadi materi rakor kali ini yaitu peningkatan pemahaman soal soal aturan pemerintahan desa bagi semua perangkat desa, agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Pemahaman soal tugas pokok dan fungsi setiap perangkat desa, agar pelaksanan kegiatan yg menjadi tanggung jawabnya bisa dilaksanakan dengan baik. “Dengan memahami tugas pokok dan fungsi kerja akan lebih terarah, terencana dan terstruktur” demikian yang disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Samawi.Hal lain yang dikoordinasikan yaitu tentang Pengiriman laporan bulanan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk lebih tertib lagi dan dikirimkan sesuai dengan tanggal pengiriman yang sudah ditentukan. Hal yang penting juga yaitu tentang pemahaman desa terhadap Pearaturan Desa (Perdes) yang harus dievaluasi oleh Bupati. Ada empat perdes yang harus dievaluasi bupati yaitu, Perdes tentang APBDes, Perdes tentang SOTK, Perdes tentang pungutan desa dan Perdes tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Desa. Pembuatan dan penerbitan Perdes ini akan memberikan dasar bagi desa dalam melaksanakan tugas kedinasan serta bisa menjadi dasar dalam menghadapi permasalahan-permasalahan maupun oknum-oknum yang mengganggu dalam tugas. (Ato)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *