Sektor pariwisata terus bergeliat di Jawa Tengah. Ditangan orang-orang yang kreatif industri pariwisata dapat dikemas menjadi sesuatu hal yang dapat menarik orang untuk mengunjungi atau mencoba hal yang ditawarkannya. Era digital dan media sosial yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakt, menjadi suatu peluang yang ingin ditangkap oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yaitu dengan mengadakan lomba desa wisata.
Lomba desa wisata tingkat Jawa Tengah belangsung dari tanggal 19-21 Juli 2019, bertempat di lapangan Garnisun Kalisari Kota Semarang. Gelaran ini diikuti oleh desa wisata yang memamerkan destinasi di 35 kabupaten kota se Jawa Tengah. Secara resmi acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Tagline Desa Wisata Bungo Indah, Desa Bungo Kecamatan Wedung yang mewakili Kabupaten Demak dalam gelaran ini, menamplikan kuliner segaran dari Desa Bungo seperti olahan kepiting, kerang, bandeng dan masih banyak lainnya. Kerajinan yang berasal dari limbah hasil laut antara lain kerang, sriping, keong diolah menjadi barang-barang dengan nilai ekonomis tinggi seperti tas, boneka, figura juga ikut dipamerkan dalam lomba desa wisata ini. Atraksi yang menjadi bagian dalam menarik kunjungan wistawan juga ditampilkan dari Desa Bungo. Tarian zipin , tarian khas pesisiran dengan nuansa religi yang Kental yang merupakan ciri khas masyarakat Demak mendapat sambutan yang hangat dari pengunjung. Menurut Slamet, selaku Kepala Desa Bungo, kegiatan lomba desa wisata ini memberikan dorongan bagi desa untuk terus mengembangkan potensi yang ada, berinovasi sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat. (Ato)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *