Bimbingan teknis penyusunan masterplan smart city, merupakan kegiatan yang diinisiatori oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Demak. Bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja bintek diselenggarakan selama dua hari (10-11 Juli 2019), dengan peserta seluruh OPD di Kabupaten Demak.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Demak, Drs.Joko Sutanto. Dalam pengarahannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Demak merupakan salah satu kabupaten/kota dari 100 kabupaten / kota yang akan difasilitasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika menjadi smart city. Hal ini sudah selaras dengan 16 program unggulan bupati dan sesuai dengan RPJMD. Perlu adanya dukungan semua pihak untuk menjadikan Demak Smart City.

Narasumber dalam bintek ini yaitu Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah, Kementrian Kominfo dan tenaga ahli dari kementrian komunikasi dan Informatika. Smart city merupakan sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan effisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya . Berbagai macam data dan informasi yang berada di setiap sudut kota dapat dikumpulkan melalui sensor yang terpasang di setiap sudut kota, dianalisis dengan aplikasi cerdas, selanjutnya disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui aplikasi yang dapat diakses oleh berbagai jenis gadget. Melalui gadgetnya,secara interaktif pengguna juga dapat menjadi sumber data, mereka mengirim informasi ke pusat data untuk dikonsumsi oleh pengguna yang lain.

Terdapat enam elemen yang menjadi konsep pembangunan smart city yaitu smart governance (pelayanan public, birokrasi, kebijakan publik), smart branding (pariwisata, industry kreatif, penataan kota), smart economy (industri, kesejahteraan masyarakat, keuangan), smart living (kenyamanan, kesehatan, transportasi dan logistic), smart society (masyarakat yang smart, pendidikan, keamanan dan keselamatan), smart environment (perlindungan lapangan, tata kelola sampah dan limbah, daya saing energy). Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya masterplan Demak Smart City sehingga target Kabupaten Demak sebagai smart city tahun 2021 dapat tercapai. (ato)

 

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *