Rabu,
15 Januari 2020
Pukul 12.30 WIB – Selesai
di Pos Kesehatan Desa (PKD)
Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Posyandu Balita selama ini identik dengan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pemberian makanan tambahan. Padahal, selain ketiga kegiatan yang sudah disebutkan, orang tua bisa belajar tentang ilmu pengasuhan anak yang baik di Posyandu.

Kader kesehatan (Posyandu)
Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak saat ini sudah mendapatkan pelatihan dan pembekalan untuk melaksanakan Posyandu yang lebih bermakna dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan monitoring tumbuh kembang anak (balita) termasuk sosialisasi seputar kesehatan ibu dan anak, menjadi materi wajib bagi kader kesehatan, tidak hanya menimbang berat badan dan mengukur tinggi anak, tetapi juga mengukur lingkar kepala untuk mengetahui perkembangan otaknya.

Kegiatan pengukuran tersebut dilaksanakan secara rutin untuk mencegah timbulnya gangguan gizi pada balita. Karena jika pertumbuhan anak dibawah rata-rata bisa segera diberikan intervensi. Salah satu inovasi dari Kader Kesehatan yang didampingi oleh ibu Eny Rahmawati, S.SiT selaku Bidan Desa Buko adalah Kader Peduli Balita Gizi Kurang (KALI BALIRANG), maksudnya setelah dilaksanakan kegiatan Posyandu kader kesehatan melakukan analisa pemantauan perkembangan fisik balita, apabila ada anak yang terindikasi kekurangan gizi, maka akan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah untuk memberikan konseling pemenuhan gizi bagi orang tua dan anaknya. Kader kesehatan di dampingi oleh Bidan Desa akan memberikan makanan atau suplemen tambahan selama 3 sampai 4 bulan berturut-turut untuk meningkatkan gizi balita sampai tercukupi sesuai rata-rata gizi anak seusianya.

Camat Wedung bersama Kepala Desa Buko, memberikan apresiasi atas inovasi yang digagas oleh Kader Kesehatan tersebut. Harapan besar untuk menjadikan Desa Sehat dan Desa Cerdas akan terwujud dan dimulai dari pemenuhan gizi bagi semua balita yang ada di Kecamatan Wedung khususnya Desa Buko.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *