Sabtu,
18 Januari 2020
Pukul 09.00 WIB – Selesai
di RT 03 RW 06
Dusun Bongkol Indah,
Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Bapak Camat Wedung bersama Kader Kesehatan Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak didampingi oleh Bidan Desa, melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM).
Sasaran utama dari kegiatan POSBINDU adalah warga masyarakat diatas usia 15 tahun, sebagai salah satu usaha pembangunan dan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan untuk mencapai Desa Sehat dan Cerdas.

Tujuan kegiatan POSBINDU-PTM, adalah :
(1.) menjangkau masyarakat yang masih sehat usia 15-59 dan 60 tahun keatas, agar melakukan skrining kesehatan sesuai standar minimal satu tahun sekali.

(2.) mendorong masyarakat untuk mengakses promotif preventif di POSBINDU-PTM agar dapat memelihara serta meningkatkan kesehatannya.

(3.) menjangkau masyarakat yang ‘merasa sehat’ untuk dapat dideteksi secara dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM)’nya dan dilakukan upaya intervensi untuk dilakukan modifikasi perilaku baik secara individu, kelompok, maupun penggerakan masyarakat.

(4.) mendorong masyarakat yang berpotensi terkena Penyakit Tidak Menular (PTM) agar segera dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk mendapatkan penanganan sesuai standar.

(5.) memotivasi masyarakat agar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *