Rabu,
22 Januari 2020
Pukul 07.30 WIB – Selesai.
di Ruang Pelayanan Balai Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Pemerintah Desa Buko Kecamatan Wedung Kabupaten Demak  memberikan pelayanan terkait riwayat tanah dan surat keterangan (penguasaan atas tanah baik berupa jual-beli, hibah, atau waris).

Warga masyarakat yang memiliki tanah di Desa Buko, sebagai pemohon Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 diwajibkan mengetahui letak, batas-batas dan riwayat penguasaan tanah baik berupa sawah, tambak, atau tanah pekarangan (kering) yang akan didaftarkan sebagai Tanah Hak Milik, dan memberikan keterangan kepada Kepala Desa serta saksi-saksi.

Sebagian besar pemohon yang berusia 25 sampai 60 tahun, kesulitan memberikan penjelasan secara pasti terkait nama pemilik yang tercatat dalam Buku C Desa.
sedangkan pemohon yang berusia diatas 61 tahun sulit diajak berkomunikasi karena keterbatasan atau sudah berkurang daya ingatannya, lebih sering menjawab lupa dan tidak tahu.

Buku atau Letter C merupakan tanda bukti kepemilikan atas tanah oleh seseorang yang berada di kantor desa. Buku ini dikelola oleh perangkat desa (Sekretaris Desa).

Surat Letter C yang berbentuk buku ini sendiri fungsinya adalah sebagai catatan penarikan pajak dan keterangan mengenai identitas tanah yang berisi nomor, nama pemilik, persil, blok, dan luasan, serta besaran pajaknya pada zamam kolonial sampai sekarang.

Saat ini, Copy’an Letter C Desa yang sudah dilegalisir oleh Kepala Desa, dijadikan sebagai salah satu bukti permulaan untuk memberikan hak atas kepemilikan tanah selain bukti kwitansi dan Akta / Surat Keterangan Jual-Beli, Akta/ Surat Keterangan Hibah, dan Akta/ Surat Keterangan Waris.

Proses pelayanan oleh perangkat desa (Sekretaris Desa) memakan waktu antara 5 sampai 30 menit untuk setiap bidang tanah, jadi mohon bersabar menunggu sesuai antrean kehadiran.

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *