Wedung – Kabupaten Demak saat ini dalam status darurat sampah. Hasil dari epnelitian emnunjukkan bahwa produksi sampah rumah tangga di Kabupaten Demak sebanyak 640 ton/hari. Hal ini perparah dengan kondisi 2 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yaitu di Desa Kalikondang dan Candisari sudah overload sampah.

Mensikapi hal ini Pemerintah kabupaten Demak membuat gebrakan berupa Gerebeg sampah. Gerebeg sampah merupakan gerakan penanganan sampah dari desa. Diharapkan sampah di desa dapat tertangani secara tuntas. Peraturan Bupati tentang dana desa sudah ada menu penanganan sampah tetapi belum maksimal dan di tahun 2020 perbub dana desa akan lebih rijit pada penanganan sampah.

Tujuan dari Gerebeg Sampah ini adalah penangan sampah secara paripurna.  Paripurna tidak hanya teknis penanganan sampah, akan tetapi mulai dari perubahan perilaku dan komitmen bersama secara kolektif semua elemen masyarakat dan pemerintah desa dalam penanganan sampah secara konsisten dari waktu ke waktu di masa yang tak terhingga ke depannya. (ato).

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *