Wedung – Wilayah Wedung yang berada di garis pantai Kabupaten Demak, merupakan daerah yang perlu perhatian khusus dalam pengelolaan lingkungannya. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan laut perlu diantisipasi dalam menghadapi berbagai persoalan seperti rob, abrasi pantai, sampah dan sebagainya.

Mensikapi hal tersebut Desa Wedung mengadakan sosialisasi penanganan wilayah sabuk pantai. Kegaitan ini dilaksanakan pada hari Jumat (18/10) di dukuh Onggojoyo dan Siklenting. Narasumber dalam kegiatan ini kepala desa Wedung, Kasi Trantib Kecamatan Wedung, Koramil serta Polsek. Peserta dalam sosialisasi ini adalah warga desa Onggojoyo dan Siklenting.

Tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat arti pentingnya sabuk pantai atau mangruve sebagai pohon lindung di sepanjang garis pantai, selama ini masyarakat tidak sadar arti pentingnya mangrove. Banyak yang ditebang untuk pembuatan tambak dengan tidak meperhatikan kelestarian lingkungan sekitar pantai. “melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat semakin sadar arti dan fungsi mangrove dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Banyak hal yang kita dapat dari ekberadaan mangrove, seperti bias menahan abrasi pantai, tempat hidup udang dan kepiting. Jadi banyak sekali manfaatnya” ujar BJ Nugroho. (didik)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *