Wedung – Kerja bhakti missal dilakukan oleh Kecamatan Wedung dalam rangka memperingati World Clean Day pada Sabtu (21/9) . Acara dipusatkan di area pasar Wedung yang diikuti oleh Forkompimcam,  dinas instansi , kepala desa dan perangkat se Kecamatan Wedung, sekolah serta masyarakat.

Acara dimulai dengan apel bersama di depan balai desa Wedung dipimpin oleh Camat Wedung Mulyanto. Dalam sambutannya Mulyanto meyampaikan bahwa setiap hari kita membuang sampah begitu banyak, hal ini akan berpengaruh terhadap lingkungan, terutama untuk sampah plastik. Sampah plastik akan sulit diurai dalam waktu puluhan tahun. “Perlu ada tindakan dalam rangka mengatasi sampah plastic dinataranya dengan membatasi penggunaan plastic dalam keseharian kita. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi. Sehingga kedepannya permasalahan sampah dapat teratasi” lanjut Mulyanto.

WCD dilanjutkan dengan memungut sampah di sepanjang desa Wedung dan sekitar pasar. Antusias terhadap gerakan ini sangat terasa, terutama untuk anak-anak SD. Kegiatan ini juga memberikan pelajaran tentang penanganan sampah bagi anak-anak sejak usia dini, sehingga didiri mereka terpatri kecintaan akan kelestarian lingkungan. Sampah-sampah yang sudah terkumpul dari kegiatan ini kemudian tuk plastik dilakukan pemisahan antara sampah organik dan non organik serta sampah plastik untuk selanjutnya dilakukan penimbangan sehingga diketahui berapa sampah yang kita dapatkan dari kegiatan ini untuk selanjutnya dilakukan penanganan lebih lajut. (Ato)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *