Wedung – Sosialisasi Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) dilaksanakan di Desa Tempel pada Rabu (18/9) bertempat di Balai Desa Tempel. Acara dihadiri oleh perangkat desa, PKK, LKMD, bidan desa, RT RW  serta warga sebanyak 30 orang. Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu petugas kesehatan Puskesmas Wedung I Bidan Listani.

Listiani dalam paparannya menyampaikan bahwa penyakit kaki gajah atau disebut lain dengan filariasis limfatik merupakan penyakit yang masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kaki gajah adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria dan kemudian ditularkan melalui gigitan nyamuk sebagai vektor. Penyakit kaki gajah menyerang pada sistem limfatik sehingga menyebabkan organ tubuh penderitanya mengalami pembengkakan.

Sekretaris Desa Tempel Sri menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk diketahui semua pihak serta dapat ditularkan kepada warga lainnya sehingga penyakit ini dapat dicegah secara dini. “salah satu bentuk pencegahannya yaitu dengan memberikan imunisasi yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak pada bulan Oktober diharapkan dari kegiatan ini  penyakit kaki gajah dapat dicegah” ujar Sri.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *