Banyuwangi- Rombongan benchmarking Kecamatan Wedung hari kedua yaitu menuju Desa Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi. Hal yang ingin digali dari lokasi ini adalah bagaimana pengelolaan Bumdes sehingga desa Tamansari menjadi rujukan untuk belajar pengelolaan Bumdes.

Rombongan tiba di Desa Tamansari diterima langsung oleh Plt Kepala desa beserta pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Berdasarkan paparan dari Kepala Desa Tamansari berbagai langkah dilakukan sebagai upaya mengembangkan bumdes diantaranya melalui pengelolaan Paket-paket wisata bekerjasama dengan warga yang hasilnya dibagi secara proporsional. Antara lain : Penyediaan homestay bagi wisatawan yang dikelola oleh warga desa dengan pembagian retribusi untuk Desa. Penyediaan sarana transportasi lokal bagi wisatawan yang berkunjung ke desa tamansari yang dikelola oleh koperasi warga dengan pembagian retribusinya untuk Desa. Penyediaan kebutuhan Bahan Bakar Angkutan Wisata. pengelolaan usaha-usaha ekonomi mesyarakat ini ternyata mampu menghasilkan pendapatan desa yang cukup besar ( lebih dari 1 M ).

“Pengelolaan yang profesional dan sungguh-sungguh merupakan kunci sukses desa Tamansari dalam mengembangkan Bumdes. Peran serta dan partisipasi masyarakat serta komitmen dari kepala desa sehingga sehingga semua pihak dapat bekerja sama memajukan Bumdes “ ujar Kepala Desa Tamansari.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *