Banyuwangi – Rombongan benchmarking Kecamatan Wedung yang terdiri atas Camat beserta kasi, kepala desa, sekretaris desa serta ketua BPD se Kecamatan Wedung pada hari pertama melakukan kunjungan ke Desa Tambong Kecamatan Kabat Banyuwangi. Rombongan disambut dan diterima secara resmi oleh Camat Kabat dengan suguhan tari gandrung yang merupakan tarian khas Banyuwangi.

Banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh Desa Tombong dalam 5 tahun terakhir. Hal inilah yang menjadi alasan banyak kabupaten / kota melakukan study banding ke Tombong. Dalam paparannya Kepala Desa Tomobong menyampaikan berbagai inovasi yang sudah diterapkan diantaranya Inovasi desa di bidang Pelayanan Mandiri Masyarakat, antara lain : Adanya Pelayanan mandiri di Desa, Pemerintah Desa mengembangkan Aplikasi dengan nama PORTAL DESA DIGITAL ( PDD ) yang bisa diakses masyarakat melalui Internet.

Desa  menyediakan seperangkat Anjungan / Mesin Pelayanan Mandiri di Kantor Desa. Bagi masyarakat yg membutuhkan surat-surat keterangan cukup datang ke Kantor Desa dengan memasukkan data di Anjungan tersebut dengan memilih pilihan surat-surat keterangan yang dikehendaki, maka tinggal tunggu beberapa menit  surat akan tercetak dengan cepat. 

Pelayanan dibidang Kesehatan dan mengurangi kemiskinan, antara lain Tersedia Pos Pelayanan Kesehatan dengan tenaga Bidan dan perawat yang memadahi, Dibentuknya Satgas Pemburu Kemiskinan, yang tugasnya menfasilitasi warga yang kurang mampu dengan diluncurkan beberapa program antara lain Program Bedah rumah dengan sistem swakelola, Program rantang kasih melalui pengiriman makanan sehari 2x seniali @ Rp. 10.000 untuk warga yang jompo, Tersedianya Mobil Ambulan di kantor Desa dan siap untuk mengantarkan warga yang harus dirujuk ke RS, Penerbitan Akte kelahiran bagi bayi br lahir ( Lahir procot pulang bawa akte ), Penyediaan BBJS Online, Siswa Asuh Sebaya.

Pelayanan di bidang ekonomi masyarakat antara lain Mempromosikan dan ikut memasarkan produk-produk hasil bumi/tambang dan hasil olahan makanan masyarakat melaui wisatawan yang datang dan portasl website desa. Penyedian Sarana Perkantoran yang memadahi, antara lain : Wifi gratis, tersedia sudut baca/perpustakaan desa,Tempat bermain Anak ( ramah anak ), Ramah Difabel, Tersedia Ruang Laktasi dan masih banyak lagi bidang ekonomi kemasyarakatan lainnya.

Camat Wedung Mulyanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dan informasi yang diberikan Desa Tambong. Rasa kagum dari rombongan kepala desa Nampak sekali dan rasa optimis untuk dapat menerapkan apa yang sudah diterapkan di Desa Tombong. Diharapkan dari study banding ini akan lahir inovasi-inovasi desa di Kecamatan Wedung. (sam).

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *