Wedung – Bank sampah di Desa Ruwit semakin eksis. Hal ini tampak dari tata kelola sampah yang semakin bagus setiap bulannya. Kedepannya setiap  bulan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tata kelola sampai sehingga dapat memberikan nilai tambah ekonomis terhadap sesuatu yang selama ini dipandang sebelah mata.

Bank sampah Kecaatan Wedung masih trus exsis membantu program pemerintah Kabupaten  Demak ” 1 sampah 1000 masalah. Bank sampah manfaatnya pertama untuk kebersihan lingkungan, untuk menambah uang saku untuk kebutuhan rumah tangga. Dulu di sekitar jalan ini banyak sekali sampah, dan jumlah penyakit juga tinggi, tetapi bank sampah membuat masyarakat mengubah pemikiran mereka tentang sampah, dan akhirnya memperbaiki lingkungan juga” Ujar Adi selaku koordinator PKH Kecamatan Wedung.

Selama ini pengelolaan sampai dimulai dari hilir yaitu sistem angkut buang langsung ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir)  jadi hanya memindahkan masalah saja, persoalan sampah di rumah mungkin selesai, tetapi muncul masalah baru di TPA, dengan bank sampah kita menyelamatkan sampah plastik, kertas, kaleng botol yang selama ini semua masuk ke TPA. Kegiatan ini memberikan pemasukan bagi ibu-ibu di Desa Ruwit sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. (ato).

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *