Wedung – Kementrian Sosial Republik Indonesia, 2019 ini melakukan penambahan atau perluasan penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan). Kecamatan Wedung mendapatkan 932 calon penerima bantuan PKH tambahan. Penambahan itu untuk mengurangi kemiskinan dan penerimanya harus memenuhi syarat. Ada tiga komponen untuk dapat menerima bantuan PKH yaitu komponen kesehatan (ibu hamil, balita, ), komponen pendidikan (setingkat SD, SMP, SMA), dan komponen  kesejateraan sosial (disabilitas berat dan lansia).

“Calon penerima bantuan PKH akan divalidasi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Apabila memenuhi persyaratan dengan menunjukkan bukti yang sah dapat menerima bantuan, tetapi apabila tidak dapat menunjukkan otomatis gugur”. Ujar Adi selaku Koordinator PKH Kecamatan Wedung.

Tujuan utama dari PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin. Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian target MDGs. Secara khusus, tujuan PKH terdiri atas: (1) Meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin); (2) Meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM; (3) Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun dari RTSM; (4) Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi RTSM. (Ato)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *