Wedung – Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dilaksanakan di Desa Babalan pada Jumat (23/8). Narasumber dalam acara tersebut Camat Wedung, BPN, Muspika dan dihadiri oleh lembaga desa dan masyarakat pemohon. Pada kesempatan tersebut Camat Wedung Mulyanto menyampaikan adanya sosialisasi ini menjadikan masyarakat sadar untuk mendaftarkan tanahnya sehingga ada kepastian hukum atas tanah miliknya. Manfaat lain dari kepemilikan sertifikat yaitu untuk mengurangi sengketa atas penguasaan tanah di masyarakat, dan juga menjadikan masyarakat taat membayar pajak PBB sesuai kepemilikan tanahnya.  

“Kalau sudah memiliki sertifikat tanah, kita akan merasa tenang karena ada bukti autentik yang kuat. Tidak akan takut aapabila ada sengketa karena kita mempunyai bukti yang kuat. Diharapkan kepatuhan warga masyarakat membayar pajak PBB juga tercapai untuk pendapatan daerah yang kedepannya kembali lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan”. Lanjut Mulyanto.

Sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada masyarakat pemohon. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau yang biasa disebut PTSL adalah sebuah program yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. (Ato)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *