Wedung – Kirab budaya dilaksankan oleh Desa Bungo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 pada Rabu (21/8). Dibuka langsung oleh Bupati Demak HM Natsir dan diikuti oleh semua perangkat desa, warga masyarakat, Camat, Danramil dan Kapolres  Kecamatan Wedung serta tamu undangan. HM Natsir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Desa Bungo, atas terselenggaranya kirab budaya. “ditengah era teknologi sekarang ini, melestraikan budaya sangat perlu sebagai bentuk nguri-uri kearifan lokal sehingga kita tidak lupa dengan jati diri kita, Budaya barat yang baik kita pakai dan yang jelak kita buang.  

Tema tahun ini adalah menjunjung Nilai Sejarah Bangsa yang Bermartabat. Kirab dimulai dari penampilan peserta yang berpakaian adat oleh Kepala Desa dan perangkat, diikuti oleh pasukan pembawa bendera merah putih serta diikuti oleh pasukan drumband dan warga masyarakat yang berpakaian adat juga. Antusias warga cukup tinggi menyaksikan kirab, hal ini dapat dilihat dari banyaknya warga yang menyaksikan kirab sepanjang desa Bungo. Kepala Desa Bungo Slamet mengatakan Kirab budaya sebagai salah satu cara melestarikan budaya yang ada di Desa Bungo. “saya berharap dari kirab budaya ini adalah budaya Bungo supaya lestari dan bermartabat dan supaya Bungo dikenal oleh masyarakat luas serta sebagai wahana silaturahmi antara Kepala Desa dan warganya” Ujar Slamet

Kemeriahan semakin memuncak pada saat perebutan gunungan yang berisi hasil bumi dan laut. Sebagain masih mempercayai jika mendapatkan bagian dari gunungan akan mendapatkan keberkahan. (Ato)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *