Wedung – Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya. Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu, pemerintah telah menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan  status kesehatan para lansia di Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh Desa Jungsemi Wedung, Selasa (20/8) melakukan kegiatan posyandu lansia yang diikuti sebanyak 30 orang. Beberapa kegiatan yang dilakukan di posyandu lansia diantaranya penimbangan berat badan, tinggi badan, pengecekan tekanan darah serta dilanjutkan dengan senam lansia. Didampingi dari tenaga kesehatan Puskesmas Wedung II minat lansia mengikuti posyandu sangat tinggi. Seperti yang diungkapkan oleh Kader Posyandu Alis Rahmawati “minat lansia ke posyandu ini sangat bagus, dari data kita 3o orang lansia alhamdulillah semua bisa hadir. Kita lakukan pengecekan terhadap kesehatannya dengan didampingi dari pegawai puskesmas, jika ada lansia yang ditemukan keluhan akan diberikan tindakan lebih lanjut. Disini juga kita memberikan makanan tambahan sehingga gizi lansia semakin baik”. 

Bulan Agustus ini Posyandu lansia Jungsemi mendapatkan bantuan dari Puskesmas Wedung II berupa strip kolesterol untuk pengecekan kolesterol dalam darah dan pil vitamin. Sehat ceria sebagai lansia akan terwujud dengan kerjasama yang baik dari semua pihak.(Ato)

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *