DEMAK – Semarak kemerdekaan Indonesia ke-73 disambut oleh warga dengan berbagai macam cara. Aneka lomba digelar oleh masyarakat sebagai simbol kemerdekaan. Salah satunya adalah panjat pinang yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Demak di alun-alun Demak, Jum’at (31/8).
Koordinator panitia lomba, Endang Susilowati, S.Sos, M.Si menjelaskan Lomba dengan keterampilan memanjat ini akan memperebutkan hadiah utama berupa tiga ekor kambing. Ada juga barang elektronik dan doorprize lainnya seperti, mesin cuci, kipas angin, setrika, blender dan banyak sekali hadiah hiburan lainnya.
Saat ditemui dilokasi lomba, Ia menjelaskan, kebersamaan warga, guyup rukun dalam semangat momentum kemerdekaan itu amat penting dirayakan. Supaya warga tetap solid dan tidak mudah terpecah belah. “bukan dilihat dari hadiahnya tapi kami mengedepankan semangat kebersamaan di momen kemerdekaan,”tuturnya.
Lebih lanjut Endang menjelaskan, lomba panjat pinang diikuti 18 tim dari club Bima Sakti, BPBD, Satpol PP, Kecamatan, RSUD, Dinsos P2PA, Kelurahan Betokan dan Trimulyo Guntur. Satu tim secara bergantian akan diberi kesempatan untuk memanjat batang pinang setinggi sekira 6 meter yang telah diberi leburan oli bekas.
Turut hadir dalam semarak lomba panjat pinang ini, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Muliana, SH. Dalam sambutannya Ia mengapresiasi semangat peserta panjat pinang yang tidak luntur walau berdiri di panas teriknya matahari siang.
“Saya minta kepada seluruh peserta lomba untuk dapat menjaga keakraban, kebersamaan, persatuan, persaudaraan, serta solidaritas dalam pelaksanaan kegiatan. Tetap menjunjung tinggi sportifitas dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia,” ujarnya.
Melihat antusias masyarakat, Muliana berharap kegiatan semacam itu dapat diadakan rutin setiap tahunnya. Tentunya dengan hadiah yang menarik, bermanfaat, lebih banyak dan lebih beragam. “Semakin sulit perjuangannya, semakin besar kemenangannya. Yang terpenting dalam perlombaan bukanlah kemenangan, tetapi partisipasi dan semangat berjuang untuk meraih yang kitaimpikan. (R4)

Bagikan