Wedung – Prestasi besar ditorehkan oleh kelompok tani Sidorukun Desa Berahan Wetan Kecamatan Wedung dalam lomba Kelompok Tani Ternak (KTT) berprestasi Tingkat Jawa Tengah. Mewakili Kabupaten Demak menjadi juara I setelah berhasil menyisihkan KTT dari Kabupaten Cilacap dan Kebumen. Penyerahan piala oleh Gubernur Jawa Tengah (15/8) dilapangan Simpang Lima Semarang dan di Hotel Pandanaran oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Penilaian lomba KTT  dilakukan pada bulan Juli meliputi proses administrasi, paparan profil  kelompok tani serta tinjauan lapangan langsung terhadap lokasi peternakan.

Yang menjadikan pembeda dengan kabupaten / kota lain, sehingga Kelompok Tani Sidorukun mampu menadi juara yaitu proses pembuatan pakan. “proses pembuatan pakan dengan bahan ikan-ikan rucah yang sangat tersedia di Wedung, kita campur dengan katul dan nasi aking. Kita tidak menggunakan pakan konsentrat sehingga telur asin yang dihasilkan menjadi luar biasa. Telur tahan lama, kenyal dan lembut. Yang membedakan lagi proses pembakarannya menggunakan batok kelapa sehingga rasanya sangat khas” ujar Kamsari Bekel Berahan Wetan.

Sementara itu Camat Wedung Mulyanto, AP, M.Si, menyampaikan bahwa sungguh prestasi yang membanggakan bagi Wedung khususnya Desa Berahan Wetan bisa menjadi juara KTT tingkat Provinsi Jawa Tengah. Peran pembinaan dari semua pihak seperti kecamatan, desa, partisipasi aktif dari anggota kelompok tani, PPL, Dins Pertanian, UPK serta semua yang terlibat sangat diperlukan. Kedepannya KTT Sidorukun Berahan Wetan dapat menjadi contoh dan rujukan bagi KTT yang lainnya untuk dapat mengembangkan kelompok taninya. (Ato).

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *